Terus Menyelami Masyarakat, Agus Purwanto Raih Suara Tertinggi di Dumai

Jakarta: Politisi yang baik harus mampu memahami masyarakatnya. Pemahaman itu juga hanya bisa terjadi jika sang politisi terus menyelami permasalahan masyarakat.

Itulah satu kiat yang dilaksanakan Agus Purwanto ST, legislator dari Partai Demokrat di DPRD Kota Dumai, Riau. Lewat kiat itu, ia berhasil memperoleh suara terbanyak di DPRD Kota Dumai.

Semua itu tak lepas dari pemahaman Agus terhadap kultur dan masyarakat Kota Dumai.

Atas keberhasilannya itu, Agus Purwanto enggan menepuk dada. Ia mempersilakan kader Demokrat lain yang menilainya.

“Terpenting saya harus mengucapkan terima kasih kepada Partai Demokrat atas kesempatan yang diberikan sehingga bisa menjadi salah satu Legislator Fraksi Demokrat DPRD Kota Dumai periode 2019-2024. Sebagai wujud rasa terima kasih, saya akan bekerja total, tulus, menjadi komunikator partai ke masyarakat, dan selalu patuh pada perintah partai,” ujar Agus kepada web demokrat di sela Pertemuan Nasional Fraksi Partai Demokrat DPR-DPRD Periode 2019-2024 di Jakarta Convention Center (10/9/2019).

Ketua Komisi Pemenangan Pemilu (KPP) DPC PD Kota Dumai itu menegaskan, masih banyak tugas menanti yakni Pilkada Kota Dumai di 2020 dan puncaknya mengembalikan kejayaan Demokrat lewat Pemilu  2024.

Agus mengatakan ia siap melaksanakan amanah dan membantu beban berat masyarakat Kota Dumai serta melaksanakan program Partai Demokrat yang digagas dan didirikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Wakil Ketua DPC-PD Kota Dumai A.Kurniawan SH, yang juga Sekretaris Laskar Melayu Bersatu bergelar Datuk Setia Usaha, mengatakan, ia mengenal baik Agus Purwanto.

Menurut A Kurniawan, prestasi Agus meraih suara terbanyak di DPRD Kota Dumai tentu diraih dengan tidak mudah. Agus telah aktif di banyak organisasi sejak masih SMA. Dari SMA di Purwokerto, kemudian melanjutkan kuliah di Yogyakarta, Agus tetap berkecimpung di berbagai organisasi. Ia merasa beruntung karena kuliah di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogya, yang alumninya banyak berkiprah di tingkat nasional seperti Mahfud MD, Artidjo Alkostar, Busyro Muqoddas, Ifdhal Kasim dll.

Pemahaman politiknya menjadi lebih serius ketika berhadapan dengan berbagai realita masyarakat mulai urusan pemuda, olahraga, budaya, sosial, dunia usaha dan lainnya. Ia juga tokoh masyarakat Kota Dumai, walaupun usianya masih terbilang muda.

Di Partai Demokrat Agus Purwanto mempunyai dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap partai yang kini dipimpin SBY.
Tak heran jika beban sebagai Ketua KPP DPC-PD Kota Dumai berhasil ia laksanakan dengan baik. Ia ikut berperan besar mengantarkan Demokrat meraih kursi terbanyak di DPRD Kota Dumai sehingga Demokrat berhak atas posisi Ketua DPRD.

“Ia senantiasa berkoordinasi dengan pengurus lain dan patuh pada semua arahan Ketua DPC-PD Kota Dumai Eko Suharjo, SE (yang juga Wakil Walikota Dumai). Ia pun mampu berkoordinasi dengan seluruh struktur di bawah DPC-PD Kota Dumai, mulai tingkat Pimpinan Anak Cabang, Ranting, hingga struktur terbawah Pimpinan Anak Ranting,” A.Kurniawan menegaskan.

Ditambahkannya, Agus Purwanto layak diapresiasi karena prestasi dan dedikasinya. Agus telah bekerja keras dan berhasil melaksanakan tugas sebagai ketua KPP DPC-PD Kota Dumai. Apalagi Agus Purwanto berpengalaman sebagai legislator di DPRD Kota Dumai. Mantan aktivis itu tercatat pernah menjadi ketua komisi.

“Kami berharap ke depannya, ia mampu mengemban amanah sebagai wakil rakyat kota Dumai. Ia bisa bersinergi dengan eksekutif dan kalangan masyarakat lainnya,” Kurniawan memungkasi pernyataannya.

(Didik)