SBY Puji Langkah Pemkab Pacitan

Presiden RI ke-6, yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono menjawab pertanyaan pers saat mengunjungi korban banjir Pacitan, Kamis (30/11). (Foto: anung anindito)

Pacitan: Presiden RI ke-6, yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono memuji langkah tanggap darurat yang dilakukan Pemkab Pacitan. Itu disampaikannya ketika mendatangi lokasi banjir bandang di lingkungan Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Kamis (30/11/2017) petang.

“Yang dilakukan sekarang (tanggap darurat,Red) sudah tepat. Mencari saudara-saudara kita yang belum ketemu. Menyelamatkan yang bisa diselamatkan. Termasuk menangani warga yang kini tengah berada dipengungsian,” katanya.

Meski demikian masih ada beberapa prioritas lain yang segera harus dilaksanakan oleh pemkab. Salah satunya penyediaan air bersih. Seperti diketahui, ketika terjadi bencana alam banjir, banyak sumber-sumber air milik warga menjadi tidak layak konsumsi. Karena bercampur dengan lumpur banjir. Selain itu masalah ketersediaan obat-obatan juga penting.

“Pas saya lewat tadi ada yang teriak-teriak,’Air, Pak! Air, Pak!’. Saya tahu pada saat seperti ini air bersih, air minum menjadi kebutuhan vital,” ucapnya.

Melihat besarnya kerusakan, dipastikan membutuhkan tindakan rehabilitasi yang efektif. Salah satu caranya dengan duduk bersama diantara pihak-pihak terkait.

“Saya yakin Presiden Jokowi dengan pemerintahan yang beliau pimpin akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi untuk Pacitan dan daerah-daerah lain yang mengalami bencana alam,” tandasnya.

Selain datang bersama istri dan rombongan, ayah dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) ini juga membawa bantuan untuk para korban bencana alam. Seperti makanan dan air bersih melalui Yayasan Yudhoyono. Setelah meninjau lokasi bencana di Teleng, SBY kemudian mengunjungi Posko pengungsian di lingkup Pendapa Kabupaten Pacitan. SBY rencananya akan berada di Pacitan sampai Senin mendatang.

(HumasPacitan/pacitanku.com/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.