Warga Brebes Kangen Masa Pak SBY

Ketua Umum Partai Demokrat menyapa warga berkebutuhan khusus saat Rombongan Tour De Jateng Partai Demokrat memasuki Kabupaten Brebes, Minggu (15/4/2018) siang. (Foto: SBY Team)

Rombongan Tour De Jateng Partai Demokrat mulai memasuki Kabupaten Brebes, Minggu (15/4/2018) siang usai melakukan lawatan di Kota Tegal.

Sebelum menghadiri konsolidasi kader di Almayra Convention Hall, rombongan bersantap siang dahulu di kawasan alun-alun Kabupaten Brebes.

Laju bis besar yang bergambar SBY itu keruan menarik perhatian masyarakat. Di sepanjang jalan tampak warga tegak berkerumun. Mereka melambaikan tangan dan berebut memoto laju rombongan dari kejauhan.

“Siap! Hidup Pak SBY! Hidup Demokrat,” teriak-teriak ini terus.

Nyata benar bukan hanya kader-kader Partai Demokrat yang berbahagia dengan kedatangan SBY beserta rombongan.

Baru turun dari bis di kawasan alun-alun,  SBY dan Ibu Ani Yudhoyono langsung diserbu masyarakat yang ingin bersalaman,  atau sekadar berfoto bersama.

“Assallamualaikum,  Bapak dan Ibu, ” sapa SBY.

“Waalaikum sallam, Pak SBY,”  jawab masyarakat serempak.

“Pak SBY,  kami kangen!” teriak para ibu-ibu yang berkumpul di sekitar bis.

“Kami kangen masa Bapak,” sambut ibu-ibu yang lain.

SBY dan Ibu Ani menyambut kerinduan masyarakat itu dengan hangat,  dan ramah.  Sebelum akhirnya mohon diri untuk bersantap siang di Warung Sate H.  Dahlan yang terletak di pinggir alun-alun.

Saking rindunya,  masyarakat tetap bertahan di alun-alun sampai rombongan #SBYTourDeJateng bertolak menuju lokasi temu kader.

Kabupaten Brebes adalah lokasi terakhir lawatan SBY di Jawa Tengah. Sebelumnya, selama dua pekan SBY beserta rombongan telah menjelajahi Jawa Timur, DIY, dan akhirnya Jawa Tengah.

Kota/ kabupaten yang disinggahi dalam lawatan SBY tersebut diantaranya: Surabaya,  Jombang,  Mojokerto,  Lamongan, Tuban, Bojonegoro, dan Ngawi. Di Yogyakarta,  SBY menyambangi masyarakat di Kota Yogya, Sleman dan Bantul.

Sementara di Jawa Tengah,  SBY singgah di Sragen,  Surakarta,  Klaten,  Semarang,  Kendal,  Batang,  Pekalongan,  Pemalang,  Tegal,  dan berakhir di Brebes.

Perjalanan ini belum termasuk lawatan #SBYTourDeJabar dan #SBYTourDeJatim 2018 yang pertama.  Semua perjalanan ini dilakukan dengan menggunakan bis.

(Maya Andrayani/kompasiana/dik)