Zohri Juara Dunia, Demokrat Sampaikan Selamat dan Berbangga

Lalu Muhammad Zohri memenangkan kejuaraan lari 100 meter U-20 di ajang Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) di Tampere, Finlandia pada Rabu (11/7). (Foto: internet/repro jurnal)

Jakarta: Keluarga Besar Demokrat melalui Ketua Fraksi Demokrat DPR-RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyampaikan ucapan selamat atas prestasi Lalu M Zohri yang mencuri perhatian dunia, setelah memenangkan kejuaraan lari 100 meter U-20 di ajang Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) di Tampere, Finlandia pada Rabu (11/7) kemarin.

‘”Luar Biasa! Membanggakan.. Selamat Bung Zohri, pertahankan dan teruslah berlatih kibarkan Merah Putih di dunia,” ujar Ibas melalui akun Twitter pribadinya @Edhie_Baskoro.

Zohri, remaja asal Indonesia itu sukses mencatatkan waktu selama 10,18 detik, mengalahkan dua pelari lainnya asal Amerika, yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik.

Di belakang ketiganya, diisi oleh pelari Afrika Selatan Thembo Monareng dengan 10,23 detik, dan Dominic Ashwell, pelari Inggris dengan catatan waktu 10,25 detik.

Dilansir dari laman resmi IAAF, Zohri memecahkan dua rekor. Pertama, Zohri menjadi pelari Indonesia yang pertama meraih posisi pertama, sejak finis ke delapan pada 1986 silam. Kedua, Zuhri akhirnya memecahkan rekor lari yang sebelumnya dimiliki oleh Henrik Larson asal Swedia, yang pernah mengukir waktu 10,28 detik.

“Sekarang saya hanya ingin mempersiapkan Asian Games bulan depan. Saya bangga, ini adalah pengalaman yang luar biasa dan sangat bagus untuk karir saya sendiri,” ujar Zohri kepada awak media.

Sementara Schwartz yang harus puas di posisi kedua mengaku kecewa dengan penampilannya sendiri. Meski di sisi lain dia juga senang bisa lolos ke babak final.

“Pelatihan saya musim ini kurang sempurna. Senang rasanya memiliki rekan setim (Harrison) di podium bersama saya,” katanya.

(Jurnas.com/dik)