Calon Gubernur DKI nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono .(Foto:detik)

Jakarta: Calon Gubernur DKI nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono berbicara soal pemberdayaan perempuan yang juga akan diangkat dalam debat ketiga nanti. Agus berkata pemberdayaan perempuan adalah salah satu faktor untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Saya meyakini sekali, kalau seorang wanita cerdas, dia bisa mendidik anaknya menjadi cerdas juga. Harapan kita bersama, semakin meningkatkan kualitas hidup diawali dengan pemberdayaan perempuan,” tutur Agus di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (1/2/2017).

Agus lalu bicara panjang-lebar soal pemberdayaan perempuan. Menurutnya, banyak hal dapat dilakukan di Jakarta, yang hampir 50 persen penduduknya wanita.

Agus memberi contoh, salah satu caranya adalah terus mendorong wanita jika ingin berkarier. Namun juga tetap diberi peluang untuk mengurus keluarganya jika dia sudah membangun rumah tangga.

“Saya meyakini peran wanita harus terus didorong dengan baik, kita berikan peluang agar dapat berkarier dengan baik. Tapi kesempatan baik pula untuk bisa mengurusi keluarganya, anak-anaknya pula, dan itu adalah pilihan masing masing,” ujarnya.

“Tetapi jika kaum wanita ingin berkarier yang baik, usaha yang baik, peluang yang baik, tentu harus mendapat peluang yang sama. Tetapi saya meyakini pendidikan dan kesehatan kaum wanita terus diperhatikan,” sambung putra pasangan SBY dan Ani Yudhoyono ini.

Suami Annisa Pohan ini menekankan Kota Jakarta harus ramah terhadap kaum perempuan. Agus akan berkomitmen untuk menghadirkan itu jika menjadi Gubernur Jakarta 2017-2022.

“Kota ini harus ramah terhadap wanita, dalam menggunakan transportasi dan ruang publik,” tegasnya.