Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono dalam debat ketiga cagub-cawagub DKI bertema ‘Kependudukan dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Jakarta’ di Hotel Bidakara, Jl Jend Gatot Subroto, Pancoran, Jaksel, Jumat (10/2/2017). (twitter/hincapandjaitan)

Jakarta: Cagub Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan telah menyiapkan program dana bergulir untuk mengembangkan sektor informal guna meningkatkan perekonomian warga DKI. Dana bergulir akan diberikan berupa bantuan modal usaha.

Agus mengakui sektor informal di DKI memang berkembang. Pihaknya menyebut sangat peduli untuk bisa memajukan warga agar mendapatkan peluang yang baik termasuk industri-industri rumahan dan UMKM.

“Dalam program kami secara spesifik kami ingin kembangkan warga dalam usaha mikro kecil dan menengah. Kami memiliki dana bergulir skema bantuan modal usaha yang bisa diberikan tepat sasaran untuk bisa mengembangkan UMKM yang baru maupun yang sudah ada,” kata Agus di panggung debat di Hotel Bidakara, Jl. Jend. Gatot Subroto, Pancoran, Jaksel, Jumat (10/2/2017)

Selain itu, lanjut Agus, mereka juga ingin menata dan mengembangkan pedagang kaki lima (PKL). PKL dikatakan Agus bukan untuk digusur, tapi dikembangkan dan diberdayakan.

Tidak hanya itu, mereka juga akan melibatkan masyarakat. Sebab industri kreatif di DKI dinilai potensial.

“Pemprov harus berikan ruang dan peluang yang baik agar industri kreatif bisa dikembangkan dan bisa dilakukan tidak hanya oleh generasi muda tapi juga kaum perempuan bahkan penyandang cacat. Mereka berhak memiliki keterampilan secara sepesifik, agar mereka bisa mandiri,” tuturnya.

(detik/dik)