Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono melakukan kampanye di Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur,Rabu (18/1/2017).(Foto;detik)

Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono ingin penyalahgunaan narkoba dapat dihentikan di Jakarta. Ia mengatakan penegakan hukum sebagai salah satu cara untuk mencegahnya.

Law enforcement¬†harus tegas. Ini juga perlu koordinasi dengan aparat-aparat terkait seperti BNN, kepolisian tentunya. Dari pelaku tentu ada tindakan hukum tegas. Jangan sampai pilih kasih dan tebang pilih,” kata Agus di kawasan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, Rabu (18/1/2017).

Agus juga mengatakan harus ada tindakan pencegahan. Pihaknya ingin lebih menggalakkan edukasi mengenai bahaya narkoba ke warga.

“Yang pertama kita tegaskan itu pencegahan jauh lebih murah dari apapun. Kita mengedukasi secara formal di sekolah-sekolah. Dan mengedukasi ke masyarakat dan itu penting bagi kita pemberdayaan komunitas,” kata Putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat SBY tersebut.

Agus tidak lupa mengimbau masyarakat agar jangan mengucilkan mantan pecandu narkoba. Ia ingin semua pecandu dapat direhabilitasi dengan baik.

“Kalau sudah terjadi kita meyakini ada proses kembali ke masyarakat. Itu pentingnya rehabilitasi. Itu makanya jangan sampai dikucilkan tidak punya teman. Program rehabilitasi sangat penting agar mereka meyakini itu bukan pilihan selama hidupnya,” pungkasnya.(detik/wan)