Jakarta: Akhirnya masa penantian para peserta lomba karya kreatif #DemokratBinaUMKM berakhir. Sabtu (19/12), melalui akun instagram dan twitter nya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengumumkan pemenang utama lomba ini.

“Alhamdulillah, ‘Lomba Karya Kreatif Demokrat Bina UMKM’ telah selesai dilaksanakan. Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta, ratusan pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi dalam perlombaan ini,” ujar Ketum AHY.

Setelah melihat dan menilai berbagai ide dan produk karya kreatif dari seluruh Indonesia, panitia telah menentukan enam pemenang favorit dari enam UMKM lokal dari berbagai daerah.

“Enam UMKM yang terpilih ini secara resmi mendapatkan kontrak sebagai vendor resmi toko Aku Demokrat, sebagai salah satu bentuk dukungan Partai Demokrat untuk mengembangkan pelaku UMKM di Tanah Air,” AHY menambahkan.

“Dari enam pemenang favorit yang telah diumumkan sebelumnya melalui akun instagram Toko Aku Demokrat, saya memilih karya produk kemeja printing dari Toko Mladi sebagai pemenang karena selain idenya yang autentik, karya ini menunjukkan detail yang menarik serta ketekunan dalam proses pengerjaannya,” jelas AHY.

“Sekali lagi, selamat untuk pemenang. Semoga kontrak kerja sama dan uang pembinaan yang diberikan bisa bermanfaat,” terusnya.

Selain mendapatkan kontrak kerja sama dengan Toko Aku Demokrat yang memproduksi produk-produk Partai Demokrat, Mladi juga mendapatkan uang pembinaan UMKM sebesar 10 juta rupiah.

Toko Mladi asal DKI Jakarta, memproduksi kemeja dengan tema “AHY Gerilya Nusantara” dengan bahan katun toyobo dan tinta Oeko-tex.

Ketum AHY juga mengucapkan selamat kepada lima finalis lainnya.

“Selamat juga untuk lima pemenang favorit lainnya, semoga kontrak kerja sama dengan Toko Aku Demokrat bisa membantu pengembangan usaha anda,” kata AHY.

Lima finalis yang mendapatkan kontrak kerja sama diantaranya adalah “Mithril Bags” asal Bandung, Jawa Barat, yang memproduksi waist bag dengan bahan imitasi jenis avenger dan webbing strap.

Kedua, “DJ Art Work” asal Garut, Jawa Barat yang memproduksi kaos dengan bahan cotton combed yang menggunakan kemampuan melukisnya untuk menggambar logo/gambar di kaos tersebut.

Ketiga, “Neuoct Shoes” asal Bandung, Jawa Barat yang memproduksi sepatu bermodel casual dan sporty dengan bahan sintetis premium.

Keempat, “Taj.kaia” asal DKI Jakarta yang memproduksi jaket printed menggunakan bahan polyester dan tinta Oeko-tex.

Kelima, “Pink Art” asal Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat yang memproduksi tumbler menggunakan bahan bambu.

Sementara bagi 256 peserta lomba lain yang mendaftar dan belum beruntung, Ketum AHY tetap memberi semangatnya.

“Bagi yang belum beruntung, jangan berkecil hati dan tetap semangat. Partai Demokrat akan terus berusaha membuka berbagai peluang untuk mendukung pelaku UMKM di seluruh Indonesia.
Semoga pelaku UMKM semakin sejahtera, dan bisa terus berkontribusi untuk memajukan perekonomian bangsa,” tandasnya.

Selama satu bulan lebih, Partai Demokrat menggelar Lomba Karya kreatif #DemokratBinaUMKM dengan semangat membangun serta meningkatkan kesejahteraan bagi para pelaku UMKM. Lomba Karya Kreatif tersebut didukung penuh Toko Aku Demokrat sebagai toko resmi yang memproduksi produk-produk Partai Demokrat. Lomba ini mengundang seluruh pelaku usaha UMKM (di bidang pakaian, souvenir, kuliner, dan aneka ragam produk lainnya) untuk mengereasikan produk mereka dengan tema “AHY Demokrat”.

Lomba ini secara resmi diluncurkan pada 2 November 2020, diikuti dengan periode pendaftaran yang dilaksanakan sampai 14 November 2020. Selama periode tersebut, tercatat sebanyak 256 pelaku usaha UMKM yang mendaftarkan diri dalam lomba ini.

Selain itu, Toko Aku Demokrat juga melakukan penjajakan dan pembinaan terhadap beberapa UMKM lain yang mendaftar.

(adw/csa)