Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe-Klemen Tinal atau LukMen Jilid II (duduk di tengah) saat mendaftar ke KPU Provinsi Papua, Selasa (9/1). (Foto: Carolus Bolly)

Jayapura: Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe-Klemen Tinal  atau LukMen Jilid II siap melanjutkan kepemimpin mereka di periode kedua. Kepastian ini didapat setelah KPU Papua menyatakan berkas Lukas dan Klemen lengkap.

“KPU Papua menyatakan Berkas Pencalonan Gub-Wagub Papua Lukas Enembe-Klemen Tinal memenuhi syarat dan lengkap,” demian disampaikan Sekretaris Partai Demokrat Papua  CarolusBolly dalam pesan pendeknya yang diterima web demokrat, Selasa (9/1).

Kandidat petahana Lukas dan Klemen mendaftar ke KPU Provinsi Papua sekitar pukul 15.00 Wit, Selasa (9/1).

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu menggunakan kemeja batik Papua dan diantar ribuan simpatisan yang menggunakan pakaian adat koteka lengkap dengan atribut lainnya.

Pada kesempatan itu, pihak KPU Papua memberikan penjelasan terkait persyaratan dan verifikasi berkas bagi calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung pada Pilkada serentak 2018.

Pasangan LukMen didukung 10 partai, yakni Partai Demokrat (16 kursi) di DPRP Provinsi Papua, Golkar(6 kursi), Hanura (5 kursi), Hanura (5 kursi) dan PKB (5 kursi), Nasdem (3 kursi) dan PKS (3 kursi), dan PAN (2 kursi), PKPI (2 kursi) serta PPP (1 kursi).

Selain LukMen, paslon lainnya yakni Jhon Wempi Wetipo-Habel Mekias Suwae dijadwalkan akan mendaftar Rabu besok (10/1).

Lukas Enembe merupakan Gubernur Provinsi Papua periode 2013-2018, sementara Klemen Tinal adalah Wakil Gubernur pada periode yang sama.

(wartakini.co/didik)