Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono saat menghadiri deklarasi semangat anticurang yang di selenggarakan oleh jaringan nusantara di Posko Pemenangan di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2017).(Foto:MCPD/iwan)

Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono, melakukan konsolidasi bersama para pendukungnya. Konsolidasi ini dilakukan untuk mencegah kecurangan menjelang pencoblosan Pilgub DKI 2017.

“Hari ini deklarasi semangat anticurang. Agar pemilihan gubernur DKI Jakarta ini berjalan lancar dan aman saya. Kita ajak relawan sama-sama mengawasi. Kalau kecurangan terjadi akan melukai rakyat,” kata Agus di Posko Pemenangan di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2017).

Agus mengatakan mencegah kecurangan adalah cara untuk mewujudkan keunggulan di survei menjadi kenyataan. Ia ingin relawan membantu mencegah kecurangan untuk mendapatkan kemenangan.

“Kita tidakBOLEH¬†merasa cepat puas (dengan survei). Kalau kita merasa puas ada kecenderungan lemah. (Pencegahan) kita tidak berarti berburuk sangka. Kita hanya melakukan langkah antisipatif mencegah kecurangan,” ucap putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat SBY tersebut.

Deklarasi ini dilakukan relawan yang menamakan diri Jaringan Nusantara. Salah satu anggota, Iing Irwansyah mengatakan selain pencegahan pihaknya juga memberi imbauan kepada pemerintah dan KPUD.

“Setelah menelan hampir setengah triliun terancam sia-sia jika diwarnai kecurangan. Kita ingin melakukan langkah preventif salah satunya mengimbau KPUD percepat upload C1 dengan cara yang sederhana,” ujar Iing.(detik/wan)