Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan XIII mengangkat sumpah saat dilantik menjadi Anggota DPR-RI di Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2018). (Foto: MCPD/Kardi)

Jakarta: Sekjen Partai Demokrat Dr Hinca IP Pandjaitan XIII resmi dilantik sebagai anggota DPR. Hinca mengaku saat ini ibunya akan lebih mudah menjelaskan apa pekerjaannya kepada tetangga.

“Begini, ibuku itu usianya 80 tahun. Setiap hari teman-temannya, tetangganya nanya dia, ‘Bu, anakmu itu kerjanya apa?’ Sulit dia jelasinnya, jadi hari ini, nah, saya bisa membayar utang saya kepada ibu saya. Dan tadi pagi sudah saya telepon ‘kalau datang nanti tetanggamu tanya, kau kasih tahu anakmu sekarang jadi anggota DPR’. ‘Ha ha ha’ itu jawabannya,” kata Hinca di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Hinca mengaku pekerjaannya sebagai anggota dewan tak akan terganggu oleh tugasnya sebagai Sekjen Partai Demokrat. Hinca menyatakan kedua pekerjaannya itu memiliki saling keterkaitan.

“Sebagai sekjen partai tentulah perjalanan dan pekerjaan saya di partai tetap jalan sebagai penggerak mesin partai mendampingi ketua umum. Dan itu menjadi sangat baik ketika dia berkorelasi dengan pekerjaan di legislasi. Sehingga betul-betul menjadi seirama, tidak usah khawatir untuk hal-hal yang seperti itu. Karena pada hakekatnya yang saya urus selain kader ke dalam, juga para politisi Partai Demokrat di legislatif baik kabupaten, kota, provinsi maupun DPR RI. Jadi nyebur malah lebih asik kan,” ucapnya.

Soal komisi, Hinca berharap ditempatkan di komisi III. Hal itu berdasarkan latar belakang pendidikannya.

“Mudah-mudahan saya bisa di komisi III karena latar belakang saya hukum, dan mungkin banyak teman-teman yang nggak tahu sarjana hukum saya, magister hukum saya, dan doktor ilmu hukum saya semuanya itu hukum tata negara,” ujar Hinca.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memimpin acara pelantikan anggota DPR pergantian antar-waktu (PAW) dari Fraksi Partai Demokrat. Ada 3 anggota PAW yang dilantik di rapat paripurna penutupan masa persidangan III tahun Sidang 2017-2018 kali ini. Hinca menggantikan Rudi Hartono Bangun yang jadi calon Bupati Langkat di Pilkada 2018.

(detik/dik)