Sekretaris Divisi Diklat DPP PD Agustinus Tamo Mbapa dan Ketua Panitia Workshop Bimtek diabadikan bersama peserta setelah penyerahan sertifikat secara simbolik di Hotel Ambhara Jakarta, Rabu (19/4).(Foto:Iwan/MCPD)

Jakarta: Sekretaris Divisi Diklat DPP-PD Agustinus Tamo Mbapa, akrab disapa Gustav, mengingatkan kembali pesan Ketua Umum Partai Demokrat Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen Partai Demokrat Dr Hinca Pandjaitan, agar para kader menjaga, merawat bahkan menggendong ibunya yakni Partai Demokrat.

“Para kader juga harus nasionalis dan wajib memasang bendera merah putih serta logo Demokrat di setiap ruang Fraksi Partai Demokrat,” ujar Gustav dalam penutupan Workshop Bimtek Divisi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) DPP-PD edisi kedua; gelombang IV; angkatan 10, 11 dan 12 di Hotel Ambhara Jakarta, 19 April 2017.

Peserta bimtek  tersebut terdiri dari Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, Lampung, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua Barat.

Gustav menyampaikan pula salam hormat Ketua Divisi Diklat DPP-PD Radityo Gambiro yang tidak bisa hadir karena ada tugas lain. Ia juga mohon maaf bila ada pelayanan kurang berkenan dari panitia. Kader juga diminta bersyukur karena hari ini bisa mengakhiri bimtek.

“Substansinya sudah kita dapat. Diskusi dengan  Kemenkeu, Kemendagri, Bapenas akan diendapkan. Materi dari KPK akan digarisbawahi,” ujar Gustav.

Gustav menambahkan bahwa kader Demokrat yang ikut pelatihan  mulai kembali ke alam sucinya sebagai wakil rakyat. Hal itu harus ditunjukkan para wakil rakyat yang terhormat. Jaga marwah karena itulah cerminan hidup kita sebagai sebuah keluarga. Tidak hanya sebagai wakil rakyat tetapi pribadi utuh sebagai insan yang beragama. Kalau semua diakomodir akan menjadi pribadi kokoh tidak akan bisa disuap apalagi menyuap.

“Pandangan dan cahaya politik ibu bapak tetap tegak, tapi ketika berkompromi dengan hal yang itu (korupsi) maka runtuhlah moral kita. Tapi saya lihat wajah Bapak/Ibu yang telah mengikuti bimtek ini suci untuk kepentingan rakyat,” ungkap Gustav

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Bimtek Iwan Rinaldo Syarief mengatakan Bapak/ibu yang ada di sini adalah finalis karena mampu bertahan dengan segala kelebihan dan kekurangan acara. Mendengarkan, duduk dan mencerna adalah hal membosankan. Tetapi ini adalah proses dan ujian bagi kader Partai Demokrat.

“Jumlah peserta Bimtek 156 dan acara ini segera kami laporkan kepada Ketua Umum dan Sekjen Partai Demokrat. Seluruh pemateri hadir dan selaku ketua panitia, saya minta maaf bila ada kekurangan. Percayalah tidak ada niat kami untuk tidak melayani Ibu/Bapak dengan baik. Semoga kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi bagi kita semua,” ujar Iwan di akhir sambutan.

(iwan k/dik)