Kupang, NTT: Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi NTT Dr Jefri Riwu Kore memimpin langsung aksi membagikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Pulau Kera, Kabupaten Kupang yang terkena dampak badai siklon tropis seroja, minggu (30/5/2021).

Dalam aksi kemanusiaan itu, ia didampingi sekretaris DPD Partai Demokrat NTT, Ferdi Leu, dewan kehormatan Partai Demokrat, Thobias Uly, Direktur Eksekutif Partai Demokrat NTT dan sejumlah kader serta simpatisan Partai Demokrat

Rombongan Partai Demokrat menyeberang dengan menggunakan perahu rakyat, mereka berkumpul pukul 08:00 WITA dan langsung bergegas menuju Pulau Kera. Perjalanan menuju pulau tersebut hanya ditempuh 30 menit.

Di Pulau Kera rombongan Partai Demokrat diterima Hamdan selaku ketua RW dan imam masjid, Rasyad Abdul Latif.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua RW 13, Hamdan mengatakan bahwa 140 KK yang ada di Pulau Kera terkena dampak langsung, bahkan kehidupan mereka di Pulau Kera ini sangat memprihatinkan. Menurutnya, salah satu yang paling sulit selain rumah yang rusak karena badai Seroja adalah akses pendidikan dan kesehatan.

“Anak-anak kami di sini bersekolah di madrasah kecil, dari kelas satu sampai kelas lima. Itu pun hanya satu ruangan sekolah saja yang tersedia. Kalau mau masuk kelas ujian maka harus pindah ke kelurahan Sulamu, di Kabupaten Kupang,” kisah Hamdan.

Menurutnya, hal tersebut sangat menyulitkan. Oleh sebab itu dirinya mengharapkan agar Partai Demokrat dapat memperjuangkan sehingga Pemerintah Kabupaten Kupang dan Kementerian Agama memberi perhatian terhadap situasi ini.

Selain pendidikan, pelayanan kesehatan menjadi satu hal yang sangat sulit didapat oleh masyarakat di Pulau Kera. Hingga saat ini belum ada Puskesmas Pembantu (Pustu). Bahkan dirinya mengaku bahwa warga setempat sudah bertahun-tahun tidak lagi merasakan pelayanan kesehatan.

Imam masjid, Rasyad Abdul Latif mengapresiasi kehadiran Partai Demokrat di Pulau Kera. Ia mengaku bangga karena Demokrat hadir langsung dipimpin oleh Ketua DPD Partai Demorat NTT. Ia bahagia karena Jefri Riwu Kore selaku Ketua DPD berkenan langsung melihat kondisi masyarakat di Pulau Kera.

“Saya titipkan dua agenda khusus untuk pendidikan agar segera mendapat dukungan dari pemerintah dan meminta agar ada pengembangan anak muda, lapangan pekerjaan dan potensi olah raga dari orang muda,” ujar Latif.

Sementara itu Ketua DPD Partai Demokrat NTT Dr. Jefri Riwu Kore menyampaikan bahwa, bantuan yang dibagikan Partai Demokrat adalah bantuan dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) selaku Ketua Umum Partai Demokrat. AHY pada awal Mei datang langsung ke NTT dan meminta DPD Partai Demokrat NTT agar memberi perhatian bagi warga yang selama ini belum dijangkau oleh bantuan. Lantaran Pulau Kera merupakan salah satu pulau yang sering terlupakan, maka Partai Demokrat memilih tempat ini.

Sosok yang akrab disapa Jeriko ini melanjutkan bahwa, amanat Ketua Umum PD AHY adalah, bantuan tersebut harus diterima langsung oleh warga tidak boleh dititipkan melalui perantara ataupun pihak lain. Kehadirannya selaku Ketua DPD melihat kondisi masyarakat di Pulau Kera, membuat Jeriko, yang juga Wali Kota Kupang, mewajibkan kader Partai Demokrat se-NTT untuk memberi perhatian penuh, baik melalui Fraksi di DPRD Kabupaten Kupang untuk pengembangan pendidikan dan kesehatan maupun kepedulian terhadap rumah warga yang belum diperbaiki.

Jeriko berpesan kepada Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo untuk membawa kembali anggota Fraksi Partai Demokrat di DPRD berkunjung langsung di Pulau Kera dan bertatap muka dengan warga. Semoga dengan cara itu, ada solusi yang bisa dilakukan.

“Partai Demokrat memang bukan pemerintah, tetapi Partai ini punya DPRD yang bisa ikut menyampaikan kepentingan warga,” tukas Jeriko.

Pesan Jeriko dalam kunjungan tersebut, kehadiran Partai Demokrat di Pulau Kera adalah tanda persahabatan dan kekeluargaan lantaran urusan Pilkada masih lama. Partai Demokrat hanya fokus mengurus rakyat yang dilanda bencana.

“Semoga hari ini merupakan pertanda silaturahmi untuk membangun masyarakat Pulau Kera,” Jeriko berharap.

Dalam kunjungan ini, Jeriko langsung berkunjung ke beberapa rumah warga yang dilanda Badai Seroja, dirinya mendapati beberapa rumah warga yang belum ditutup atapnya. Bahkan ada keluarga lansia yang belum bisa memperbaiki rumahnya .

Selain itu membagikan bantuan kepada 140 KK di Pulau Kera, partai Demokrat juga membagikan bantuan untuk 20 KK keluarga nelayan di Kelurahan Pasir panjang yang terkena dampak langsung Badai Seroja. Bantuan demokrat tersebut berupa mi instan, beras, ikan kaleng, susu, teh, gula, minyak goreng dan bantuan bola untuk anak muda agar bisa berolahraga.

(Rilis PD Kab Kupang)