Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhhoyono bersama Istri Ani Yudhoyono

JAKARTA: Kristiani Herrawati atau lebih dikenal Ani Yudhoyono merupakan Ibu Negara sekaligus sebagai sosok sekretaris pribadi bagi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) usai tak lagi menjabat Presiden RI.

Tak banyak yang tahu, perempuan kelahiran di Yogyakarta pada 6 Juli 1952 itu selalu mendampingi kegiatan SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Ani Yudhoyono selalu membawa cacatan kecil sebagai pengingat kegiatan suaminya tersebut.

“Tidak banyak yang tahu bahwa Ibu Ani bukan hanya Ibu Negara, tetapi juga “Sekretaris Pribadi”; begitu Pak SBY selalu menyebut Ibu. Atau Ibu Ani menyebut dirinya saat ikut mendampingi Pak SBY menghadiri rapat-rapat partai pasca Pak SBY tidak lagi menjadi Presiden atau pertemuan dan acara semasa Pak SBY menjabat di Kepresidenan,” kenang Ketua Divisi Komunikasi Partai Demokrat Imeda Sari kepada Okezone, Sabtu (9/11/2019).

Menurut Imelda, catatan kecil Ani Yudhoyono itu berisikan agenda hingga pertanyaan-pertanyaan kepada SBY dalam rapat partai. Ia pun menerangkan bahwa putri pasangan Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Sunarti Sri Hadiyah itu merupakan orang yang rajin mengingatkan setiap kegiatan SBY.

“Ibu selalu membawa note kecil untuk menulis pertanyaan yang ditujukan kepada Presiden untuk reminder (pengingat) Bapak jika ada pertanyaan dari peserta rapat yang hadir. Semasa Bapak menjabat Kepresidenan dalam rapat partai biasanya Ibu rajin mencatat dan mengingatkan Bapak atas apa yang ditanyakan peserta rapat kepada Ketum,” terang dia.

Imelda menerangkan Ani Yudhoyono bukan hanya mencatat kegiatan SBY namun sosok ibu dua anak itu kerap mengkeliping berita-berita SBY sejak suaminya masih berdinas di TNI untuk selanjutnya dikirim ke medan tempur.

“Apalagi Ibu jauh dari suaminya yang ketika itu bertugas di Timor Timur. Biasanya distabilo berita di Kompas yang penting lalu dikliping dan dikirim kepada Pak SBY di medan tempur. Ibu sepenuhnya istri yang luar biasa dalam menopang tugas suaminya,” terang dia.(Okezone.com/ot)