Wakil Ketua BPOKK DPP-PD Sarjan Tahir menyerahkan Pataka Demokrat pada Agung Nugroho yang terpilih sebagai Ketua DPC-PD Pekanbaru (MCPD/Kardi)

Pekanbaru, Riau: Ketua Badan Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan dan Kaderisasi (BPOKK) Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP-PD) Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo (PEW) berpesan kepada seluruh kader dan DPC-PD Riau, untuk memilih kader-kader yang berkualitas dan juga bisa membangun Demokrat.

“Silakan dipilih ketua yang membangun Partai Demokrat, bukan hanya bisa menumpang saja. Karena saya menduga masih ada ketua-ketua DPC yang tidak ingin membangun Demokrat,” ujarnya dalam sambutan Muscab Serentak DPC-PD se-Riau, di Arya Duta, Pekanbaru Riau, Sabtu (07/04/18).

Jenderal TNI (Purn) bintang empat ini pun menegaskan kepada para Ketua PAC yang punya hak pilih, menggunakan pilihannya sesuai hati dalam berorganisasi.

“Organisasi ini tidak akan berjalan apabila ketuanya tidak memperhatikan kadernya. Kalau ada ketua (DPC) tidak mikirin kadernya, ‘buang saja ke laut’ dan ganti yang lain. Jadi para ketua PAC, jangan nanggung-nanggung pakai hatimu, jangan jual suara,” tegasnya.

Tidak lupa PEW pun berpesan kepada kader Partai Demokrat yang saat ini sedang menjabat sebagai kepala daerah, untuk hati-hati dan jangan sampai terlibat korupsi.

Usai menyampaikan arahan, PEW memukul gong sebagai penanda dibukanya Muscab Serentak DPC-PD se-Riau.  Mendampingi PEW saat pemukulan gong, diantaranya Wakil Ketua Umum Cornel Simbolon; Direktur Eksekutif DPP-PD Fadjar Samporno; Wakil Direktur Eksekutif DPP-PD Irawan S Leksono, para Wakil Ketua BPOKK DPP-PD Supandi R Sugondo, Sarjan Tahir, Desie C Sari,  Sekretaris BPOKK DPP-PD Rocky Amu, Sekretaris Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP-PD Ardy Mbalembout, Ketua DPD-PD Riau H. Asri Auzar serta jajaran pengurus DPD Riau.

Hasil muscab DPC-PD se-Riau menghasilkan para politisi muda sebagai ketua, antara lain, Agung Nugroho yang terpilih memimpin DPC-PD Kota Pekanbaru. Agung Nugroho sukses menggantikan Firdaus MT yang juga Walikota Pekanbaru non aktif.

Kemudian, Kelmi Amri terpilih sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Rokan Hulu. Selain dikenal dekat dengan masyarakat Rokan Hulu, saat ini Kelmi Amri dipercaya sebagai Ketua DPRD Rokan Hulu. Ia menggantikan Nasrul Hadi yang maju dalam Pilbup Rokan Hulu, 2016 lalu.

Selanjutnya, ada nama Rahmat Jevary Juniardo yang terpilih sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kampar. Dalam pemilihan, Rahmat Jevary Juniardo (anak mantan Bupati Kampar Jefry Noer) berhasil mengalahkan Said Ahmad Kosasi.

Untuk DPC Partai Demokrat Kabupaten Inhil, dalam Muscab terpilih nama Agus Triansyah (anak Syamsuddin Uti, Calon Wakil Bupati Inhil, yang sebelumnya menjabat Ketua DPC-PD Inhil).

Muscab juga kembali mengamanahkan Muzamil Baharuddin untuk memimpin DPC Partai Demokrat Kepulauan Meranti. Muzamil Baharuddin, yang menjabat Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, terpilih secara aklamasi.

Politisi muda lainnya, Nur Azmi Hasyim dipercaya sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Bengkalis. Ia menggantikan Sulaiman Zakaria. Nur Azmi Hasyim adalah anggota DPRD Bengkalis.

Muscab juga kembali mempercayakan Eko Suhardjo (Wakil Walikota Dumai) memimpin DPC Partai Demokrat Kota Dumai.

Jon Tikal memimpin DPC Partai Demokrat Kuansing,.Arwan Citra Jaya yang kembali terpilih sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Inhu.

Syamsurizal terpilih sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Siak. Ridwan sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Rokan Hilir dan terakhir ada nama Nasri Fiesda Elly untuk DPC Partai Demokrat Pelalawan.

Nama nama Ketua DPC PD terpilih se-Riau

1.Kab. INDRAGIRI HILIR: AGUS TRIANSYAH

2.Kab. DUMAI: EKO SUHARJO

3.Kab. SIAK: SYAMSURIZAL

4.Kab. ROKAN HILIR: M. RIDWAN SIP

5.Kab. KAMPAR: RACHMAD JEVANY JUNIARDO

6.Kab. KUANSING: JONTIKAL

7.Kab. BENGKALIS: NUR AZMI HASYIM

8.Kab. INDRAGIRI HULU:  ARWAN CITRA JAYA

9.Kab. ROKAN HULU: KELMI AMRI

10.Kab. MERANTI: MUZAMIL

11.Kab. PELELAWAN: NASRI FISDA

12.Kota PEKANBARU: AGUNG NUGROHO

(Kardi/dik)