Jakarta. (7/10) Partai Demokrat diulang tahunnya yang ke-9 akan mengadakan sejumlah kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat miskin dan pelestarian lingkungan. Khusus untuk masyarakat miskin Partai Demokrat akan mengadakan Program Pengobatan Gratis dan Donor Darah yang akan dilaksanakan 9 Oktober 2010. Sedangkan Program Donor Darah 17 Oktober 2010 menjelang puncak acara yang diadakan di Istora Senayan Jakarta.

Sedangkan pelestarian lingkungan yakni dengan melakukan penanaman pohon di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Menurut Ketua Divisi Komunikasi Publik Andi Nurpati, kegiatan ini merupakan bentuk konkrit dari Demokrat untuk melanjutkan bakti bagi negeri, dalam rangka menjaga Indonesia tetap kuat, kokoh dan sehat. Lebih lanjut Andi Nurpati menjelaskan Partai Demokrat terpanggil untuk melakukan gerakan menanam pohon ini dengan seruan “wajib Menanam, Iklas Merawat, Bijak Menebang”. Untuk memastikan program ini berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi Partai Demokrat, program ini dibantu pelaksanaannya secara teknis oleh Komunitas Pohon Indonesia.

Selain penanaman pohon, isus pelestarian lingkungan juga dengan mengadakan Kerja Bakti diawali di Kepulauan Seribu tanggal 8 Oktober dan selanjutnya 10 Oktober akan diadakan secara serentak di lima wilayah DKI Jakarta. Kemudian Program Penanaman Pohon, juga dilaksanakan serentak di lima wilayah DKI Jakarta tanggal 15 Oktober 2010

Untuk Pengobatan Gratis dan Donor Darah ini mengusung tema “Melanjutkan Bakti bagi Negeri”, dilatarbelakangi fakta bahwa perubahan cuaca yang ekstrim di Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan munculnya beragam penyakit diantaranya infeksi saluran pernafasan (ISPA) dan demam berdarah. Selain itu fakta menunjukkan bahwa permintaan dan pengeluaran darah periode bulan Juli 2010 UTTD PMI DKI Jakarta sangat memprihatinkan. Ketersediaan darah tidak cukup memenuhi permintaan masyarakat. Tercatat 44.474 kantong darah yang dibutuhkan masyarakat, tetapi PMI DKI Jakarta hanya mampu memenuhinya sebesar 37.641 kantong darah. Oleh karena itu Partai Demokrat terpanggil untuk melakukan pengobatan gratis dan donor darah untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Partai Demokrat bersama dengan masyarakat ingin berbuat secara nyata dengan motto “menolong rakyat yang sakit, dan menjaga yang sehat’.(*)

Adapun jadwal kegiatan bakti sosial Partai Demokrat di 5 wilayah DKI Jakarta adalah :

I. Jakarta Timur:

9 Oktober 2010 Pukul 09.00 sampai selesai

(i)     Kantor DPC Jakarta Timur Jalan Sunan Giri Nomor 3

(ii)   Kelurahan Jatinegara Cakung

Catatan: Upacara seremonial program ini dilakukan di DPC Partai Demokrat Jakarta Timur oleh Ketua Umum dan didampingi pengurus lainnya.

II. Jakarta Pusat:

9 Oktober 2010 Pukul 09.00 – 17.00 wib di Tugu Proklamasi

III. Jakarta Barat:

9 Oktober 2010 Pukul 09.00 – 17.00 wib

(i)     Kantor DPC Jakarta Barat Jalan Raya Kembangan.

(ii)   Jalan Jelambar RW 04 Gropet.

Catatan: Upacara seremonial program ini dilakukan di DPC Partai Demokrat Jakarta Barat, oleh Sekjen didampingi pengurus lainnya.

IV. Jakarta Selatan:

9 Oktober 2010 Pukul 09.00 – 17.00 wib

(i)Jalan Bukit Duri Tanjakan Gang IX RT 015 RW 012 dekat Mushollah Darul Hikam..

(ii)   Kantor Sekretariat DPC Jakarta Selatan, Jalan Kebayiran Baru 73 C Velbak.

Catatan: Upacara seremonial program ini dilakukan di DPC Partai Demokrat Jakarta Selatan, oleh Andi Nurpati dan Dr. Dian didampingi pengurus lainnya.

V. Jakarta Utara:

9 Oktober 2010 Pukul 09.00 – 17.00 wib

(i)  Jalan Taruna Kelurahan Cilincing.

(ii)Jalan Tugu Permai B2 Nomor 38 Kelurahan Tugu Utara Koja.

Catatan: Upacara seremonial program ini dilakukan di DPC Partai Demokrat Jakarta Utara oleh Ketua DPR RI didampingi pengurus lainnya.

VI. Kepulauan Seribu:

8 Oktober 2010 Pukul 09.00 – 17.00 wib

Kantor DPC Kepulauan Seribu Pulau Pramuka Kelurahan panggang.

Catatan: Upacara seremonial program ini dilakukan di DPC Partai Demokrat Jakarta Utara oleh Ketua DPR RI didampingi pengurus lainnya.

Pesan dari program ini adalah suatu perbuatan nyata mengajak masyarakat secara bergotongroyong melakukan pembersihan lingkungannya secara iklas dan sadar. Masyarakat yang menjadi pemilih setia Partai Demokrat akan tetap mencintai Partai Demokrat, sedangkan  yang belum jatuh cinta akan segera menjatuhkan pilihannya.

Untuk kerja bakti jadwal yang sudah disusun sebagai berikut :

I. Jakarta Timur:

10 Oktober 2010 Pukul 09.00 sampai selesai

(i)    Kantor DPC Jakarta Timur Jalan Sunan Giri Nomor 3.

(ii)  Kelurahan Jatinegara Cakung. Penanggungjawab acara

Catatan: Upacara seremonial program ini dilakukan di DPC Partai Demokrat Jakarta Timur oleh Ketua Umum dan didampingi pengurus lainnya.

II. Jakarta Pusat:

10 Oktober 2010 Pukul 09.00 – 17.00 wib di Tugu Proklamasi.

III. Jakarta Barat:

10 Oktober 2010 Pukul 09.00 – 17.00 wib

(i)Kantor DPC Jakarta Barat Jalan Raya Kembangan

(ii)   Jalan Jelambar RW 04 Gropet.

Catatan: Upacara seremonial program ini dilakukan di DPC Partai Demokrat Jakarta Timur, oleh Sekjen didampingi pengurus lainnya.

Jadwal Kegiatan