Presiden RI ke-6 (2004-2014) Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara RI ke-6 (2004-2014) Ani Yudhoyono foto bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Presiden RI ke-3 (1998-1999) Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden RI ke-5 (2001-2004) Megawati Sukarnoputri serta Wapres RI Jusuf Kalla dan istrinya Mufidah Jusuf Kalla saat menghadiri upara peringatan kemerdekaan Indonesia ke 72 di Istana Merdeka, Kamis, 17 Agustus 2017. (Foto: Setpres)

Jakarta: Presiden RI ke-6 (2004-2014) Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara RI ke-6 (2004-2014) Ani Yudhoyono beserta keluarga menghadiri upara peringatan kemerdekaan Indonesia ke 72 di Istana Merdeka, Kamis, 17 Agustus 2017.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama istrinya, Annisa Pohan, datang pertama kali sekitar pukul 08.30. AHY mengenakan jas hitam berpeci dengan hiasan kain. Sedangkan Annisa berbalut kebaya cokelat muda.

Saat ditanya apakah SBY akan datang, AHY mengatakan, “Nanti menyusul.”

Ternyata benar, tak berselang lama SBY, yang hadir berpakaian adat Melayu, datang bersama Ani Yudhoyono yang mengenakan kebaya.

Pukul 09.00, SBY datang ke Istana Merdeka dengan didampingi Ani Yudhoyono. Keduanya disambut Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Selamat hari kemerdekaan teman-teman media,” kata SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat.

Tak lama berselang, giliran Edhie Baskoro Yudhoyono (putra bungsu SBY-Ani Yudhoyono) tiba bersama istrinya, Aliya Rajasa. Pria yang akrab disapa Ibas itu berpakaian sama dengan kakaknya, setelan jas hitam, berpeci, dengan kain yang melingkar di bagian bawah.

Setelah selesai upacara hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia ke-72, Presiden Jokowi menyapa tamu VVIP yang hadir di Istana Merdeka. Ia menghampiri dan menyapa Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono yang duduk tepat di belakangnya.

Jokowi dan SBY bahkan sempat cium pipi kanan dan pipi kiri (cipika-cipiki). Momen tersebut tertangkap kamera yang disiarkan langsung ke tenda-tenda tempat duduk para tamu undangan. Para tamu pun langsung bersorak gembira melihat momen tersebut.

Sejak mengakhiri jabatan sebagai Kepala Negara dan Pemerintahan RI pada 2014, baru tahun ini SBY menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di Istana Merdeka. Kehadiran SBY semakin melengkapi mantan kepala negara yang hadir di Istana Merdeka. Bacharuddin Jusuf Habibie dan Megawati Sukarnoputri pun hadir di upacara pengibaran bendera.

(kompas/tempo/dik)