Bandung: Presiden ke enam RI (juga Ketua Umum PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri prosesi penyerahan gelar Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada Hatta Rajasa, Senin (25/11).

Ketua Tim Promotor gelar Doktor Kehormatan Hatta Rajasa, Prof. Dr. B. Kombaitan, menjelaskan empat bidang kontribusi Hatta Rajasa. Pertama, dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan dan atau kemasyarakatan.

Kedua, kontribusi dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran dalam satu atau sekelompok bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan, dan atau kemasyarakatan.

Ketiga, kontribusi dalam kemajuan kemakmuran, dan atau kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia atau umat manusia.

Keempat, kontribusi dalam pengembangan hubungan baik antara bangsa dan negara Indonesia dengan bangsa dan negara lain di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial budaya, kemanusiaan, dan/atau kemasyarakatan.

“Dengan memperhatikan keempat tolok ukur tersebut, dan didasarkan atas penilaian terhadap rekam jejak dan capaian-capaian dari Ir. M. Hatta Rajasa di bidang kebijakan publik, (maka) kami memandang bahwa Ir. M. Hatta Rajasa layak untuk mendapatkan anugerah gelar Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Bandung,” kata Kombaitan dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com.

Adapun nama-nama tim promotor DR HC Hatta Rajasa adalah Prof. Dr. B. Kombaitan, M.Sc. (Ketua), Prof Tommy Firman, M.Sc., Ph.D., Prof. Hermawan Kresno Dipojono, Ph.D., Prof. Freddy Permana Zen, M.Sc, D.Sc., dan Prof. Ir Doddy Abdassah M.Sc, Ph.D.

Ini merupakan gelar Doktor Kehormatan ke-13 yang dianugerahkan ITB.

Sepanjang kariernya, jebolan ITB angkatan 1973 ini adalah menteri pada dua periode Kepresidenan SBY yakni sebagai Menteri Perhubungan (2004-2007) dan Mensesneg (2007-2009), dan Menko Perekonomian (2009-2014). Mantan Ketua Umum PAN itu juga pernah menjadi Menristek pada era Kepresidenan Megawati Soekarnoputri (2001-2004).

Selain itu, secara pribadi Hatta adalah besan dari SBY. Putra SBY, Edhie Baskoro (Ibas), menikahi putri Hatta, Aliya, pada 24 November 2011 silam.

Selain SBY, terpantau pada sidang terbuka pemberian gelar doktor honoris causa itu pun dihadiri sejumlah rekan Hatta dalam Kabinet Gotong Royong hingga Kabinet Indonesia Bersatu II.

(CNN Indonesia/dik)