Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono memberi sambutan pada Rapimnas Partai Demokrat 10-11 Market 2018 di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat. (twitter/hincapandjaitan)

Bogor: Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berterima kasih atas kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Pimpinan Nasional (rapimnas) PD. Untuk kedua kalinya, Jokowi mengikuti agenda PD. Sebelumnya, Jokowi menghadiri Kongres ke-IV PD pada 2015 di Surabaya, Jawa Timur.

“Secara khusus, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang berkenan hadir. Ini adalah kehadiran Bapak yang kedua kalinya, pertama dulu hadiri Kongres Partai Demokrat 2015 di Surabaya. Sekarang hadir kembali,” kata SBY.

Hal itu disampaikan SBY saat berpidato pada Rapat Pimpinan Nasional (rapimnas) Partai Demokrat (PD) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3).

“Bapak bukan hanya kepala negara, tapi juga pemimpin Indonesia. Pemimpin kami semua. Wajib hukumnya Partai Demokrat memberikan penghormatan yang tinggi kepada pemimpinnya. Itulah etika politik yang Partai Demokrat pahami dan jalankan,” ujar SBY.

Selain Jokowi, turut hadir sejumlah tamu undangan dalam pembukaan rapimnas diantaranya, Wakil Presiden ke-11 Boediono, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Koordinator Staf Khusus Teten Masduki, para mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB).

“Partai Demokrat mohon doa restu Bapak Presiden, semoga rapimnas kami sukses. Membawa berkah dan kebaikan bukan hanya kepada Partai Demokrat, tetapi juga kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya.

Presiden keenam RI tersebut menuturkan, rapimnas dihadiri 11 ribu lebih kader PD dari pusat hingga tingkat anak cabang. Tujuan rapimnas, lanjutnya, tiada lain untuk konsolidasi dan persiapan diri mengikuti Pemilu 2019. Rapimnas yang digelar 10-11 Maret 2018 mengangkat tema “Demokrat Siap”.

SBY menambahkan, Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan memberikan pidato politik dalam penutupan rapimnas. Ditegaskan SBY, partainya bertekad memengkan Pemilu 2019.

Tekad tersebut, menurutnya, pasti juga dimiliki partai-partai lain peserta pemilu. “Partai Demokrat ingin berjuang dan berusaha sekuat tenaga agar menang. Tidak ada resep ajaib dan jalan pintas untuk menggapai kemenangan. Kami akan berjuang baik-baik sesuai kaedah pemilu yang jujur, adil dan demokratis,” tegasnya.

Dia menambahkan, partainya mendukung penuh agar Presiden Jokowi dapat melaksanakan pemilu sesuai asas. Sebab, kepala negara secara moral dan politik paling bertanggung jawab.

(Suara Pembaruan/beritasatu/dik)