Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Dr Hinca Pandjaitan saat menyerahkan surat tugas kepada Sekretaris DPD-PD Kaltim Edy Russani, mewakili Ketua DPD-PD Kaltim H Syaharie Jaang SH MSi, di Kantor Pusat Partai Demokrat, Wisma Proklamasi 41, Jakarta, kemarin. Surat tugas itu ditujukan kepada Syaharie Jaang untuk menjalin koalisi parpol sehingga bisa mengusungnya menjadi Calon Gubernur Kaltim. (MCPD/OmarTara)

Jakarta: Kesiapan Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim, yang juga Walikota  Samarinda, H Syaharie Jaang SH MSi  untuk menjadi Gubernur Kaltim semakin maksimal.  Syaharie Jaang saat ini, terinspirasi dari gerilya lapangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), semakin meningkatkan gerilya lapangannya untuk semakin mengenal masyarakat dan wilayah Kaltim.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris DPD Partai Demokrat Kaltim Edy Russani dalam perbincangan dengan web demokrat, Kamis (3/8) malam.

Edy Russani menjelaskan, ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, dalam gerilya lapangan tersebut, Syaharie Jaang yang dilantik sebagai Ketua DPD-PD Kaltim pada Oktober 2016 lalu, telah menyelesaikan seluruh Muscab (tingkat kabupaten/kota) se-Kaltim. Bahkan seluruh musyawarah anak cabang (tingkat kecamatan) juga sudah diselesaikan. Lebih jauh lagi, Syaharie Jaang bahkan telah menuntaskan sebagai besar musyawarah ranting (tingkat desa atau kelurahan) di Kaltim. Ini prestasi gemilang mengingat kepengurusannya belum genap setahun.

“Pak Syaharie Jaang adalah figur pekerja keras sejak mudanya. Beliau anak petani. Beliau sudah merasakan pahitnya kehidupan sejak masa kecil. Itu yang menyebabkan politiknya begitu tinggi,” ujar Edy Russani.

Dukungan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP-PD) kepada Syaharie Jaang juga sangat maksimal.  DPP-PD, melalui Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Dr Hinca IP Pandjaitan, telah memberikan surat tugas menjalin koalisi parpol kepada Syaharie Jaang. Lewat surat tugas itu Syaharie Jaang mampu leluasa menjalin koalisi berbagai parpol, tak hanya Demokrat, untuk mendukungnya sebagai Gubernur Kaltim.

Ketua DPD-PD Kaltim H Syaharie Jaang SH MSi (MCPD/Kardi)

Memang meskipun Demokrat cukup signifikan karena memiliki 4 kursi di DPRD Kaltim tetapi jumlahnya belum cukup untuk mengusung Syaharie Jaang sebagai Cagub Kaltim. Dibutuhkan beberapa parpol sahabat untuk mengusung pencaguban Syaharie Jaang.

“Adanya surat tugas ini semakin meringankan langkah Pak Syaharie Jaang untuk menjalin koalisi dengan berbagai parpol sahabat. Ini bentuk dukungan penuh DPP-PD pada Pak Syaharie Jaang,” kata Edy Russani.

Di akhir penjelasannya, Edy Russani mengatakan, saat ini Syaharie Jaang menduduki posisi dua besar dalam beragam survei Pilgub Kaltim. Tetapi karena jiwanya yang sangat merakyat serta kerja kerasnya yang luar biasa, Syaharie Jaang diyakini mampu memenangkan Pilgub Kaltim.

“Cagub lainnya tidak ada yang memiliki jiwa kerakyatan dan sikap kerja keras seperti Pak Syaharie Jaang. Tidak ada cagub yang mau turun ke akar rumput, berbincang akrab dan hangat dengan masyarakat bawah seperti Pak Syaharie Jaang,” Edy Russani memungkasi.

Syaharie Jaang sendiri sejak pelantikannya sebagai Ketua DPD-PD Kaltim telah tegas menyatakan kesiapannya menjadi Cagub Kaltim. Ketegasan itu kerja nyata dan kerja keras di semua lini.

“Sebagai kader harus siap, jika partai telah menugaskan untuk maju sebagai cagub. Termasuk dengan mengawal program kerakyatan Kaltim sekarang ini yang terus dilakukan Partai Demokrat,” ia menerangkan dalam pelantikannya.

(didik l pambudi)