Cagub-Cawagub DKI Jakarta nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dalam debat kedua cagub-cawagub DKI bertemakan ‘Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik dan Penataan Kawasan Perkotaan’ di Hotel Bidakara, Jl Jend Gatot Subroto, Pancoran, Jaksel, Jumat (27/1/2017). (foto: twitter/AHYcenter)

Jakarta: Cawagub Sylviana Murni ditanyai mengenai cara pengelolaan sampah di Ibu Kota. Menurutnya, harus ada peran serta masyarakat agar sampah tersebut bisa berkurang sejak di rumah tangga.

“Ini harus dikurangi. Diolah dulu itu oleh masyarakat dengan bank-bank sampah melalui RW, ini empowerment. Kemudian ketika sampai di pelayanan akhir atau di pembuangan akhir, akhirnya akan berkurang,” kata Sylvi di Hotel Bidakara, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017).

Sylvi mengatakan masyarakat benar-benar harus berperan aktif dalam meminimalkan sampah sejak di hulu. Ia juga menegaskan tak segan-segan untuk turun ke lapangan terkait penanganan sampah ini.

“Di situlah saya ingin peran serta aktif masyarakat untuk ikut,” ujar Sylvi.

“Bahkan kita terjun ke lapangan, bukan hanya di atas meja, bukan hanya di Balai Kota dengan rapi kemudian marah-marah,” jelasnya.

Sylvi menambahkan, pembangunan DKI adalah pembangunan yang partisipatif.

“Pembangunan DKI jelas pembangunan yang partisipatif, yang empowerment dan yang memberdayakan masyarakat,” imbuhnya.

(detik/dik)