Suasana mediasi antara Partai Demokrat dan tirto.id yang difasilitasi Dewan Pers, hari ini.

Jakarta: DPP Partai Demokrat, dipimpin Sekjen Hinca IP Pandjaitan dan Tim yakni Imelda Sari, Hilda Thawilla, Elfira Kaunang, Fetty Abidin dan Haris Wijaya  telah menuntaskan tugas untuk mengadukan beberapa media nasional kepada Dewan Pers dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) atas fitnah serta tudingan terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Partai Demokrat yang disebut terlibat dalam pencucian uang di  Bank Century.

Artikel tersebut dimuat oleh media internasional Asia Sentinel dan diamplifikasi dan “digoreng” beberapa media media nasional untuk memojokkan SBY dan Partai Demokrat. 

Dari 5 media online dan 1 media TV yang dilaporkan kepada Dewan Pers, 3 media online menerima jalur mediasi  yang ditawarkan oleh Dewan Pers. Yang pertama JPPN news dan kedua Suara.com  telah menerima mediasi yg ditawarkan Dewan Pers.

Pada hari ini (Selasa siang) DPP Partai Demokrat diwakili Imelda Sari, Hilda Thawilla, Elfira Kaunang, dan Fetty Abidin hadir untuk mediasi dengan Tirto.id.

Tirto.id menyatakan menerima mediasi dengan DPP Partai Demokrat.

Tiga media yang dibawa ke Sidang Pleno Dewan Pers adalah Metro TV, Detik.com, MetroTV news.

Detik.com sesuai dengan hasil Pleno Dewan Pers mencabut pemberitaan terkait artikel Asia Sentinel dan meminta maaf kepada Partai Demokrat.

Kami masih menunggu Metro TV sesuai dengan keputusan Pleno Dewan Pers dalam waktu 7 hari ini sejak salinan diterima Senin 22 Oktober dan metrotvnews.com dalam 2 x 24 untuk melaksanakan Keputusan Dewan Pers terkait masalah ini.

Imelda Sari
Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat